Sholat dan Bulan Rajab

Bismillahirrahmanirrahim, Allahuma shalli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayidina muhammad. Alhamdulillah saat ini kita telah berada di salah satu bulan haram, yaitu bulan rajab.apakah keistimewaan bulan rajab ini dan amalan apa yang bisa kita lakukan pada bulan rajab ?seperti kita ketahui pada bulan rajab ini kita akan memperingati suatu peristiwa besar dan mulia yang pernah dialami oleh baginda Rasullullah saw yaitu perjalanan isra' dari Masjidil Haram di mekah menuju Baitul maqdis di palestina dan perjalanan mi'raj dari baitul maqdis ke sidratul muntaha.
Peristiwa isra' mi'raj merupakan momentum yang sangat penting dalam perjalanan hidup Rasulullah saw dalam mengemban risalah Islam. Dalam peristiwa ini Rasulullah mendapat satu perintah yang disampaikan langsung oleh Allah swt yaitu perintah melaksanakan sholat yang merupakan suatu perintah yang diwajibkan atas Rasulullah saw dan juga umatnya. Diperintahkannya secara langsung oleh Allah swt menunjukan bahwa sholat adalah ibadah yang sangat spesial. karena sholat menjadi sarana manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. maka tidak heran jika sholat sering disebut sebagai tiangnya agama dan salah satu hadis juga mengatakan bahwa sholat adalah miraj' nya kaum mukminin. Dalam hadits lain disebutkan bahwa amal manusia yang pertama kali di hisab adalah sholat, jika sholat kita baik maka ibadah2 yang lainnya akan dianggap baik dan juga sebaliknya jika sholat kita buruk maka buruklah pula amalan-amalan kita yang lain.
Sholat, jika kita bisa khusyu juga bisa menjadi obat dari segala kegelisahan, kesedihan juga stress yang diakibatkan beratnya beban kehidupan. Jika miraj'nya Rasulullah saw mampu menghapus segala kesedihan dan penderitaan yang beliau rasakan pada waktu itu, yaitu akibat ditinggalkannya beliau oleh dua orang yang sangat beliau cintai dan kasihi dan juga yang menopang perjuangan beliau yaitu isterinya Khadijah dan pamannya Abu Thalib, dan juga beratnya beban risalah akibat pemboikotan kaum Quraisy terhadap beliau dan juga pengikutnya. maka sudah seharusnya dan selayaknya kita sebagai umatnya menjadikan sholat sebagai mi'raj untuk menghapus segala kesusahan hidup dan beban yang kita miliki. Bukankah Allah sendiri yang menyuruh kita untuk meminta pertolongan melalui sabar dan sholat? dan melalui solat juga Allah nengajak kita untuk menuju kebahagiaan atau kemenangan-Hayya allal falah-.
Maka di bulan Rajab ini marilah kita meng intropeksi sholat kita. Apakah kita masih melalaikan sholat dengan cara menundanya atau tidak, lalu bagaimana pula dengan sholat sunahnya, rawatibnya, tahajudnya, dhuhanya dll.
Dan satu hal yang penting lagi pada bulan Rajab ini marilah kita mulai mempersiapkan diri kita untuk menghadapi bulan yang sangat sangat teristimewa, yaitu bulan Ramadhan. Rasulullah saw dan juga para sahabat dimulai dari rajab ini biasa mendawamkan do'a yang juga seharusnya kita ikuti , yaitu "Allahuma bariklana fi rajab wa sya'ban wa balighna ramadhan" Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan sya'ban dan sampaikanlah (umur) kami pada bulan Ramadhan. Amiin...
Allahuma shalli wa salim wa barik alla sayyidina Muhammadin wa alaih,wal hamdulillahirabbilalamin.

No comments:

Post a Comment