Sedekah Secara Terang-Terangan vs Sedekah Secara Sembunyi-Sembunyi

Sedekah Secara Terang-Terangan Vs Sedekah Secara Sembunyi-SembunyiiSeringkali terjadi perdebatan dikalangan masyarakat tentang manakah yang seharusnya dilakukan dalam bersedekah,apakah dengan cara sembunyi-sembunyi atau secara terang-terangan?. Kadangkala hal tersebut menjadi dilema bagi orang-orang yang berniat akan bersedekah, kalau bersedekah dilakukan secara terang-terangan alias diketahui oleh orang banyak mereka takut disebut sombong atau ingin dipuji oleh orang, sebaliknya jika bersedekah dilakukan secara sembunyi2 atau tanpa diketahui oleh orang lain mereka juga tidak ingin dikatakan sebagai orang pelit yang tak pernah mengeluarkan sebagian dari hartanya untuk disedekahkan.
Lalu bagaimana seharusnya cara kita dalam bersedekah? apakah secara terang-terangan atau sembunyi-sembunyi. Untuk mengetahuinya ada baiknya kita harus mengetahui manfaat dari kedua cara bersedekah tersebut.

Manfaat Sedekah Sembunyi-Sembunyi 

1. Sedekah secara sembunyi-sembunyi melindungi kerahasiaan si penerima sedekah, karena sedekah yang dilakukan dihadapan orang lain akan merendahkan martabat si penerima sedekah dan hajatnya akan terlihat.
 2. Sedekah secara sembunyi-sembunyi akan menyelamatkan sipenerima dari gunjingan orang banyak terutama dari orang yang dengki karena merasa sama2 berhak tapi tidak diberi bagian. 
3. Sedekah secara sembunyi-sembunyi dapat membantu si pemberi memperoleh keutamaan beramal, karena dengan bersembunyi-sembunyi sipemberi benar-benar hanya berharap keridhoan dari Allah swt. 
4. Sedekah sembunyi-sembunyi dapat mencegah kehinaan dan kerendahan diri. sebagian ulama ukhrawi tidak mau menerima sedekah yang dilakukan secara terang-terangan, seraya mengatakan bahwa sedekah yg dilakukan secara terang-terangansama dengan menghinakan ilmu dan melecehkan kemuliaan ulama. 
5. Sedekah yang sembunyi-sembunyi bisa menghilangkan keraguan, irihati dan ketidakikhlasan orang lain. 

Manfaat Sedekah Secara Terang-terangan 

1. sedekah secara terang-terangan dapat mencegah kedengkian, buruksangka dan kesombongan bila diberikan dengan ikhlas,jujur dan takwa.
2. Sedekah secara terang-terangan yang dilakukan dengan ikhlas, jujur dan takwa akan menghilangkan sifat ingin dihormati dan dipuji dan akan menimbulkan sifat tawadhu. 
3. sedekah atau amal lainnya yang dilakukansecara terang-terangandapat mencegah munculnya syirik kepada Allah dan iri hati.
 4. Sedekah secara terang-terangan adalah sunah nabi, karena merupakan wujud dari pernyataan syukurkepada Allah atas nikmat dan karunia Allah swt. 

 Setelah kita mengetahui manfaat dari sedekah terang-terangan dan sembunyi-sembunyi, kita mengetahui secara jernih bahwa perbedaan pendapat diantara kalangan masyarakat bahkan ulama tentang kedua cara bersedekah, sebenarnya adalah bukan terletak pada cara kedua sedekah itu, tetapi yang lebih mendasar adalah terletak pada keadaan hati si pemberi sedekah pada saat memberikan sedekah. bisakah hati sipemberi ikhlas hanya karena Allah tanpa peduli omongam orang lain atau penghargaan dari orang lain pada saat bersedekah atau tidak. jadi mau pilih yang mana??..siapkan hatinya ya!

1 comment: