Keutamaan Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang mempunyai keutamaan seribu bulan dibandingkan dengan bulan lainnya. Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat, ampunan dan pembebasan dari api neraka. Oleh karena itu sudah selayaknyalah umat islam seluruh dunia bersuka cita menyambut kedatangan bulan Ramadhan yang mulia ini.
Lalu apakah yang menyebabkan bulan ramadhan ini menjadi begitu istimewa dibandingkan dengan bulan yang lain diluar Ramadhan?
1. Di bulan Ramadhan umat islam dibebankan kewajiban untuk berpuasa, yaitu menahan diri dari haus dan lapar dan hal lainnya yang dapat membatalkan puasa dari sejak fajar sampai tenggelamnya matahari. 
2. Di bulan Ramadhan ini untuk pertama kalinya Al-qur'an diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui perantaraan malaikat jibril. 
3. Pada salah satu malam Ramadhan turun malam yang nilainya sama dengan seribu bulan atau sering disebut dengan malam lailatul qadar. 
4. Pada bulan Ramadhan seluruh pintu neraka ditutup,sementara seluruh pintu surga dibuka dan dalam bulan ini setan dibelenggu. 
5. Pada bulan ini pahala-pahala amal dilipat gandakan, amalan-amalan sunah senilai dengan amalan fardu sedangkan amalan fardu menjadi berlipat-lipat nilainya.
Itulah sedikit dari keutamaan bulan ramadhan yang bisa dituliskan, marilah kita hendaknya bersiap-siap untuk menyambut kedatangan bulan ramadhan, baik secara fisik maupun secara mental karena pada hakikatnya ibadah puasa di bulan ramadhan adalah ibadah yang sangat berat, lebih berat dibandingkan dengan berperang melawan musuh. Wallahu 'alam.

No comments:

Post a Comment