Menjadikan Anak Soleh (Untuk Para Ayah)

Anak pada hakikatnya merupakan titipan yang dipercayakan Allah SWT kepada kita, dalam mengemban keprcayaan tersebut seringkali muncul masalah yang akan membuat anak-anak kita berkembang tidak sesuai dengan yang kita harapkan yaitu menjadi anak yang soleh yang beriman dan bertakwa pada Allah SWT, berbakti pada orang tua dan berguna bagi bangsa dan agamanya. Untuk membentuk anak kita menjadi sesuatu yang kita harapkan ada beberapa langkah yang bisa diambil oleh para ayah, antara lain :
1. Jadilah Anda wahai para ayah suri tauladan yang baik dalam akhlak,perilaku dan hidup. karena anak-anakmu melihatmu sebagai ayah, guru, pendidik dan teladan yang baik.

2. Apa yang ditampilkan, apa yang didengar dan apa yang dilihat di rumah mempunyai pengaruh yang amat besar dalam kehidupan anak dan masa depannya. karenanya memasukan iman, Al-qur'an yang mulia dan As-sunah di dalam rumah, banyak berzikir, melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya semuanya membentuk anak yang lurus dan berpegang teguh pada agama. 

3. Mengikat anak dengan kitabullah baik dengan hapalan, tajwid dan membacanya. 

4. Mempergauli anak pada masa buaian dan usia anak-anak, mencegahnya bergaul dengan orang-orang yang hina dan jahat yang akan mempengaruhi anak-anak kita.
5. Membuat anak tumbuh dan berkembang sebagai orang yang mulia dan gentle sehingga ia mencintai perkara-perkara yang agung dan mulia dan membenci hal-hal yang bodoh dan nista.
6. Memperhatikan pakaian dan keadaan anak. Anak hendaknya diarahkan agar beretika sesuai anjuran dan ajaran Rasullulah yang sempurna, tidak latah mengikuti pola dan mode musuh-musuh Allah.

7. Menanamkan sikap mengagungkan perintah Allah dalam hati anak, mengagungkan semua yang berkaitan dengan agama, sehingga si anak akan mensucikan Allah dengan segala nama, sifat dan perbuatan-Nya.

8. Mengarahkan anak untuk mencari ilmu yang bermanfaat, bersungguh-sungguh dan ikhlas dalam mencari ilmu, terutama ilmu agama.

9. Memohonkan taufik dan terus-terusan berdo'a untuk sang anak untuk memberinya kebaikan, petunjuk, menolongnya, agar Allah memberinya keimanan dalam hati sang anak dan mengokohkannya.

10. Mencintai, menyayangi dan mengasihi anak, bermain dan bercengkrama dengannya, menyenangkan hatinya, tidak mengasarinya, tidak membeberkan 'aibnya didepan orang lain.







No comments:

Post a Comment

Post a Comment