Makna Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Setiap kali bulan Rabi`ul Awwal  atau mulud datang, kita akan memperingati hari kelahiran Rasulullah s.a.w. Bagi setiap muslim, kedatangan bulan Maulid Nabi ini adalah satu cara kita untuk memperbaharui keyakinan kita terhadap kesaksian bahwa Muhammad adalah Rasul yang diutus oleh Allah dan meningkatkan komitmen untuk menunaikan tanggungjawab dari keyakinan itu.


Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan oleh setiap muslim  yang berkaitan dengan keimanannya terhadap nabi Muhammad s.a.w;

1. Meneladani beliau dalam semua perkara dengan berusaha untuk melakukan sunnah-sunnah beliau.

2. Menyebarkan sunnah Rasulullah s.a.w di kalangan manusia dan masyarakat. Usaha mengajak manusia untuk mengamalkan Islam berdasarkan ajaran Al-Quran dan Sunnah Rasulullah s.a.w.

3. Mempertahankan sunnah Rasulullah s.a.w dari penyelewengan dan serangan mereka yang dengki terhadapnya.

4. Berhubungan dengan segala di atas, hendaklah kita selalu membaca dan mengkaji buku-buku hadits karena tidak mungkin kita dapat melakukan sunnah Rasulullah s.a.w menyebar, dan mempertahankannya jika tidak mengetahuinya. Tidak mungkin pula, kita dapat mengetahui sunnah Rasulullah s.a.w jika tidak mengkaji dan membacanya.

5. Hendaklah kita selalu bershalawat pada Rasulullah s.a.w sebagai tanda cinta kita kepada beliau dan menjadikannya  zikir harian kita yang akan menyucikan dan menguatkan rohani kita.

No comments:

Post a Comment