Keutamaan Sholat Dhuha

Dhuha berarti terbit atau naiknya matahari, oleh karena itu sholat dhuha merupakan sholat sunat yang dilakukan pada pagi hari ketika matahari mulai menampakan sinarnya. jumlah sholat sunat dhuha minimal 2 rakaat hal ini berdasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a,"kekasihku Rasulullah SAW berwasiat kepadaku mengenai tiga hal :a) agar aku berpuasa sebanyak tiga hari pada setiap bulan b) melakukan sholat dhuha 2 rakaat dan c) melakukan sholat witir sebelum tidur." (H.R Bukhari dan Muslim)
sedangkan batas maksimalnya adalah 8 rakaat, hal ini didasarkan pada hadits fi'li (perbuatan) yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a.," Rasulullah SAW masuk kerumah saya lalu melakukan sholat dhuha sebanyak 8 rakaat."(H.R Ibnu Hiban).


Berdasarkan tinjauan para ulama ada beberapa fadilah atau keutamaan melaksanakan sholat dhuha,yaitu :



  • Sholat dhuha merupakan ekspresi terima kasih kita pada Allah SWT atas nikmat sehatnya setiap sendi di tubuh kita. sabda Rasullullah SAW.,"Pada setiap manusia diciptakan 360 sendi dan seharusnya orang yang bersangkutan bersedekah untuk setiap sendinya. lalu para sahabat bertanya:'Ya Rasulallah siapakah yang sanggup melakukannya?' Rasulullah menjelaskan :' membersihkan kotoran yang ada di masjid atau menyingkirkan sesuatu (yang dapat mencelakakan) di jalan raya, apabila tidak mampu sholat dhuha 2 rakaat dapat menggantikannya".(H.R Ahmad Bin Hanbal dan Abu Daud)


  • Sholat dhuha merupakan jalan pengharapan kita akan rahmat dan nikmat Allah sepanjang hari yang akan kita lalui. Rasulullah bersabda."Allah berfirman, 'Wahai anak Adam jangan sekali-kali engkau malas melakukan sholat 4 rakaat pada pagi hari niscaya nanti akan kucukupi kebutuhanmu hingga sore hari."(H.R Al-Hakim dan At-tabrani).


  • Sholat dhuha merupakan pelindung kita untuk menangkal siksa api neraka. Rasulullah bersabda " Barang siapa melakukan sholat fajar, kemudian ia tetap duduk ditempat sholatnya sambil berzikir hingga matahari terbit dan melakukan sholat 2 rakaat, niscaya Allah SWT akan mengharamkan api neraka menyentuh tubuhnya."(H.R Al-Baihaqi)


  • Sholat dhuha merupakan jalan kita menuju surga. Rasulullah bersabda " Didalam surga terdapat pintu yang bernama bab ad-dhuha (pintu dhuha) dan pada hari kiamat nanti akan ada orang yang memanggil,'dimana orang yang senantiasa mengerjakan sholat dhuha? ini pintu kamu, masuklah dengan kasih sayag Allah'."(H.R At-tabrani).



  • No comments:

    Post a Comment