Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa

Hal-Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa
Semua orang jika ditanya maukah jika puasanya yang sebulan penuh itu dianggap sia-sia dimata Allah karena melanggar ketentuan-ketentuan yang ditetapkan Allah? jawabannya pasti tidak mau, karena selain sia-sia dan berdosa,kita pun jika melanggar harus menanggung beban kewajiban untuk membayar apakah itu qadha,fidyah atau keduanya qadha dan fidyah sekaligus.

Oleh karena itu untuk menghindari kita membayar berupa qadha maupun fidyah, kiranya kita harus mengetahui apa saja hal-hal yang dapat membatalkan puasa kita, antara lain :

1. Makan dan minum secara sengaja 
Semua ulama mazhab sepakat bahwa hal ini perlu diqadha, namun mereka berbeda pendapat dalam menetapkan kewajiban membayar fidyah atau kafarat. imam syafi'i dan hambali tidak mewajibkan untuk membayar fidyah sedangkan imam hanafi mewajibkannya. sedang bagi orang yang makan dan minum karena lupa tidak dikenai kewajiban untuk mengqadha dan membayar fidyah. 
2. Mengeluarkan sperma 
Sperma yang keluar bukan karena persetubuhan (istimna/onani/masturbasi)baik dengan tangan sendiri atau isteri maka puasanya batal dan diwajibkan mengqadha saja. hal ini berlaku juga buat yang keluar sperma karena berciuman,bersentuhan atau melihat sesuatu yang mengundang birahi seperti melihat film porno. Sedangkan jika melakukan persetubuhan secara sengaja disiang hari maka kewajibannya adalah mengqadha dan membayar kafarat, dan kafaratnya sangat berat yaitu memerdekakan budak, jika tidak sanggup maka bisa diganti dengan puasa 2 bulan berturut-turut dan jika tidak sanggup lagi maka kafaratnya adalah memberi makan 60 fakir miskin. 
3. Muntah dengan sengaja 
Imam syafi'i dan Imam Malik berpendapat bahwa muntah dengan sengaja wajib mengqadha, sedangkan menurut imam Hanafi orang yang muntah itu tidak membatalkan puasa kecuali kalau muntahannya memenuhi mulutnya. Sedangkan menurut Imam Hambali kalu muntah karena terpaksa atau tidak sengaja seperti karena sakit tidak membatalkan puasa.
 4. Kemasukan air ketika berkumur 
Hal ini membatalkan puasa jika disengaja atau dilakukan secara berlebihan ketika berwudhu. 
5. Menelan ingus atau dahak 
Yaitu ingus atau dahak yang turun dari kepala atau yang naik dari tenggorokan yang dengan sengaja ditelan kembali. jika tidak sengaja tertelan maka tidak membatalkan puasa. 
6. Kemasukan sesuatu ke dalam tenggorokan 
Walaupun sebesar semut kecil atau kemasukan suatu benda yang tidak bisa dimakan seperti kerikil atau tanah.
7. Disuntik dengan cairan 
Hal ini dapat membatalkan puasa, karena itu bagi yang disuntik wajib untuk mengqadha puasanya. 

Begitulah beberapa hal yang dapat membatalkan puasa menurut para ulama, Wallahu a'lam.


Related Post : SMS Ramadhan, Hikmah Puasa Ramadhan, Persiapan menjelang Ramadhan, Khutbah Nabi Muhammad SAW Menjelang Ramadhan, Shalat Tarawih

No comments:

Post a Comment